Mengenal Laravel




Laravel merupakan salah satu framework PHP yang banyak digunakan oleh para web developer untuk membangun sebuah sistem berbasis web. Laravel juga sudah menerapkan konsep MVC (model view controller).

MVC adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi. MVC memisahkan aplikasi berdasarkan komponen- komponen aplikasi, seperti : manipulasi data, controller, dan user interface.
  1. Model, Model mewakili struktur data. Biasanya model berisi fungsi-fungsi yang membantu seseorang dalam pengelolaan basis data seperti memasukkan data ke basis data, pembaruan data dan lain-lain.
  2. View, View adalah bagian yang mengatur tampilan ke pengguna. Bisa dikatakan berupa halaman web. 
  3. Controller, Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view.

Beberapa fitur yang terdapat di Laravel :
  1. Bundles, yaitu sebuah fitur dengan sistem pengemasan modular dan tersedia beragam di aplikasi.
  2. Eloquent ORM, merupakan penerapan PHP lanjutan menyediakan metode internal dari pola “active record” yang menagatasi masalah pada hubungan objek database.
  3. Application Logic, merupakan bagian dari aplikasi, menggunakan controller atau bagian Route.
  4. Reverse Routing, mendefinisikan relasi atau hubungan antara Link dan Route.
  5. Restful controllers, memisahkan logika dalam melayani HTTP GET and POST.
  6. Class Auto Loading, menyediakan loading otomatis untuk class PHP.
  7. View Composer, adalah kode unit logikal yang dapat dieksekusi ketika view sedang loading.
  8. IoC Container, memungkin obyek baru dihasilkan dengan pembalikan controller.
  9. Migration, menyediakan sistem kontrol untuk skema database.
  10. Unit Testing, banyak tes untuk mendeteksi dan mencegah regresi.
  11. Automatic Pagination, menyederhanakan tugas dari penerapan halaman.

Menurut tulisan akun “kursuswebdesign” di Kompasiana.com, ada beberapa kelebihan PHP Framework Laravel, antara lain:

Tampilan Sintak Lebih Artistic
Berbagai sintaks pada Laravel tersaji dengan sangat artistik, laravel memperhatikan dengan betul tampilan sintaks yang digunakan, sehingga bukan hanya terlihat lebih rapi juga lebih indah dipandang.

Blade Tamplating
Blade templating akan membantu developer dalam membuat template yang lebih terstruktur serta dinamis, yaitu dengan cara memotong struktur pada template agar lebih mudah dalam pengembangan.

Sintak Mudah Dipahami
Selama menggunakan Laravel maka akan dipastikan kita tidak akan merasa kesulitan ketika harus membaca sintaks. Mamahami sintaks pada beberapa framework yang biasanya akan terasa sulit tidak berlaku pada Laravel. Penggunaan bahasa untuk pengoperasiaannya tergolong mudah untuk dipahami dan juga singkat. Kondisi ini akan lebih memudahkan para programmer dalam menggunakan sintaks meski pada awalnya termasuk yang belum pernah menggunakannya.

Dilengkapi dengan Aplikasi Eloquent ORM
Aplikasi Eloquent ORM akan Aplikasi Eloquent ORM akan melakukan penyederhanaan proses query ke database, sehingga SQL query sama sekali tidak akan digunakan. Terdengar sangat praktis bukan? Hal ini berlaku ketika kita akan mengambil semua data pada tabel users.

Mempunyai Dokumentasi yang Lengkap.
Laravel merupakan salah satu Framework PHP yang dirancanng dengan dokumentasi yang sangat lengkap, sehingga membuatnya lebih mudah ketika digunakan.

Composer yang Sangat Lengkap
Programmer pastinya sudah tidak asing lagi dengan package manager bagi PHP yang satu ini. Laravel didukung dengan composer yang sangat support, penggunaannya pun sangat mudah untuk diaplikasikan. Composer ini akan secara otomatis menginstall library yang dibutuhkan tanpa harus mendownload library atau fitur baru bagi aplikasi yang sedang dibuat. Sehingga proses mengupdate aplikasi pun akan lebih mudah dilakukan.

Menggunakan Kosep Model View Controller (MVC)
Laravel merupakan framework yang menerapkan penggunaan konsep MVC pada struktur aplikasi yang akan dibangun. Penggunaan konsep MVC ini sangat diperlukan untuk menghasilkan kode program yang lebih bersih dan juga terstruktur tertutama bagi pengembangan aplikasi dengan skala yang besar. Hal ini sangat berguna ketika akan melakukan update.
Framework Laravel ini bisa dipelajari dengan bimbingan NF Computer  (NF Computer) dengan durasi training 28 jam. Model kelas ada 3 pilihan yaitu Public Training dengan minimal jumlah peserta 6 orang, Exclusive Training dengan peserta minimal 2 orang secara full day training selama 4 hari kerja (weekday), dan Inhouse Training dengan peserta maksimal 10 orang per group dari satu institusi atau perusahaan. Kelebihan inhouse training dibanding 2 model kelas yang lain adalah waktu dan lokasi pelaksanaan sesuai dengan kesepakatan. (YTN)

Link Terkait :
https://idcloudhost.com/pengertian-dan-keunggulan-framework-laravel/

http://www.kompasiana.com/kursuswebdesign/kelebihan-php-laravel_5667e266d87a61cf2268c692

Comments

Popular posts from this blog

IT Asset Management Dengan PHP MySQL

PHP MySql CRUD Dengan Konsep MVC

Cara Sederhana Multi Insert Data Dengan PHP - MySQL