Skip to main content

Android : Belajar Kotlin Untuk Pemula Part#2


Postingan kali ini saya akan melanjutkan belajar kotlin untuk pemula, setelah pada postingan Sebelumnya sudah membahan sedikit tentang apa itu kotlin dan kali ini akan coba membuat aplikasi sederhana menggunakan kotlin yaitu aplikasi untuk menghitung volume, pastinya sudah tau kan rumus untuk menghitung volume? :D

rumusnya : Volume = Panjang * Lebar * Tinggi


Ok langsung saja, kita buka android studio dan buat project baru 







Setelah mebuat project baru selesai buat layout seperti berikut :


<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?><LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"    xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"    android:layout_width="match_parent"    android:layout_height="match_parent"    android:orientation="vertical"    android:padding="16dp"    tools:context=".MainActivity">
    <TextView        android:layout_width="match_parent"        android:layout_height="wrap_content"        android:text="@string/panjang" />
    <EditText        android:id="@+id/edt_length"        android:layout_width="match_parent"        android:layout_height="wrap_content"        android:inputType="numberDecimal"        android:lines="1" />
    <TextView        android:layout_width="match_parent"        android:layout_height="wrap_content"        android:text="@string/lebar" />
    <EditText        android:id="@+id/edt_width"        android:layout_width="match_parent"        android:layout_height="wrap_content"        android:inputType="numberDecimal"        android:lines="1" />
    <TextView        android:layout_width="match_parent"        android:layout_height="wrap_content"        android:text="@string/tinggi" />
    <EditText        android:id="@+id/edt_height"        android:layout_width="match_parent"        android:layout_height="wrap_content"        android:inputType="numberDecimal"        android:lines="1" />
    <Button        android:id="@+id/btn_calculate"        android:layout_width="match_parent"        android:layout_height="wrap_content"        android:text="@string/hitung" />
    <TextView        android:id="@+id/tv_result"        android:layout_width="match_parent"        android:layout_height="wrap_content"        android:gravity="center"        android:text="@string/hasil"        android:textSize="24sp"        android:textStyle="bold" />

    <Button        android:id="@+id/btn_reset"        android:layout_width="match_parent"        android:layout_height="wrap_content"        android:text="@string/reset" />

</LinearLayout>


 Lalu di folder values/string.xml di isi seperti berikut :


<resources>
    <string name="app_name">Menghitung Volume</string>
    <string name="panjang">Panjang</string>
    <string name="lebar">Lebar</string>
    <string name="tinggi">Tinggi</string>
    <string name="hitung">Hitung</string>
    <string name="hasil">Hasil</string>
    <string name="reset">Reset</string>
</resources>


pada MainActivity.java kita deklarasikan variable seperti berikut didalam MainActivity class :

private lateinit var edtWidth: EditText
private lateinit var edtHeight: EditText
private lateinit var edtLength: EditText
private lateinit var btnCalculate: Button
private lateinit var btnReset: Button
private lateinit var tvResult: TextView

lalu didalam onCreate tambahkan seperti berikut :

override fun onCreate(savedInstanceState: Bundle?) {
    super.onCreate(savedInstanceState)
    setContentView(R.layout.activity_main)

    edtWidth = findViewById(R.id.edt_width)
    edtHeight = findViewById(R.id.edt_height)
    edtLength = findViewById(R.id.edt_length)
    btnCalculate = findViewById(R.id.btn_calculate)
    btnReset = findViewById(R.id.btn_reset)
    tvResult = findViewById(R.id.tv_result)

    btnCalculate.setOnClickListener(this)
    btnReset.setOnClickListener(this)
}

Jika ada error seperti berikut, klik pada icon error dan pilih implement interface



setelah itu, class MainActivity akan menjadi seperti berikut :



Lalu didalam onClick tambahkan source code berikut dan ganti parametr p0 menjadi v dan View? menjadi View :


val inputLength = edtLength.text.toString().trim()
val inputWidth = edtWidth.text.toString().trim()
val inputHeight = edtHeight.text.toString().trim()

if (v.id == R.id.btn_calculate) {
    var isEmptyFields = false    if (inputLength.isEmpty()) {
        isEmptyFields = true        edtLength.error = "Field ini tidak boleh kosong"    }
    if (inputWidth.isEmpty()) {
        isEmptyFields = true        edtWidth.error = "Field ini tidak boleh kosong"    }
    if (inputHeight.isEmpty()) {
        isEmptyFields = true        edtHeight.error = "Field ini tidak boleh kosong"    }
    if (!isEmptyFields) {
        val volume = inputLength.toDouble() * inputWidth.toDouble() * inputHeight.toDouble()
        tvResult.text = volume.toString()
    }
}

if(v.id == R.id.btn_reset){
    edtLength.run { setText("") }    edtHeight.setText("")
    edtWidth.setText("")
    tvResult.text = ""}

full source code  class MainActivity.kt seperti berikut :


package com.ketik.toekang.belajarkotlin1

import androidx.appcompat.app.AppCompatActivity
import android.os.Bundle
import android.view.View
import android.widget.Button
import android.widget.EditText
import android.widget.TextView

class MainActivity : AppCompatActivity(), View.OnClickListener {

    private lateinit var edtWidth: EditText
    private lateinit var edtHeight: EditText
    private lateinit var edtLength: EditText
    private lateinit var btnCalculate: Button
    private lateinit var btnReset: Button
    private lateinit var tvResult: TextView

    override fun onCreate(savedInstanceState: Bundle?) {
        super.onCreate(savedInstanceState)
        setContentView(R.layout.activity_main)

        edtWidth = findViewById(R.id.edt_width)
        edtHeight = findViewById(R.id.edt_height)
        edtLength = findViewById(R.id.edt_length)
        btnCalculate = findViewById(R.id.btn_calculate)
        btnReset = findViewById(R.id.btn_reset)
        tvResult = findViewById(R.id.tv_result)

        btnCalculate.setOnClickListener(this)
        btnReset.setOnClickListener(this)
    }

    override fun onClick(v: View) {
        TODO("not implemented") //To change body of created functions use File | Settings | File Templates.        val inputLength = edtLength.text.toString().trim()
        val inputWidth = edtWidth.text.toString().trim()
        val inputHeight = edtHeight.text.toString().trim()

        if (v.id == R.id.btn_calculate) {
            var isEmptyFields = false            if (inputLength.isEmpty()) {
                isEmptyFields = true                edtLength.error = "Field ini tidak boleh kosong"            }
            if (inputWidth.isEmpty()) {
                isEmptyFields = true                edtWidth.error = "Field ini tidak boleh kosong"            }
            if (inputHeight.isEmpty()) {
                isEmptyFields = true                edtHeight.error = "Field ini tidak boleh kosong"            }
            if (!isEmptyFields) {
                val volume = inputLength.toDouble() * inputWidth.toDouble() * inputHeight.toDouble()
                tvResult.text = volume.toString()
            }
        }

        if(v.id == R.id.btn_reset){
            edtLength.run { setText("") }            edtHeight.setText("")
            edtWidth.setText("")
            tvResult.text = ""        }
    }
}

jika sudah coba jalankan aplikasinya :D



Sekian belajar kotlin kali ini semoga bermanfaat, selanjutnya akan coba belajar membuat CRUD dengan kotlin SQlite.

Terimakasih :D

Comments

  1. Sangat membantu untuk pemula seperti saya, terimakasih kk :D

    ReplyDelete
  2. Tutorial yang bagus gan, kunjungi website kami juga ya untuk mengenal android dan website.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PHP MySql CRUD Dengan Konsep MVC

Pada postingan kali ini saya akan sharing cara membuat CRUD dengan php menggunakan konsep MVC, ok langsung saja buka code editor (saya menggunakan sublime text) dan buat folder baru dengan nama phpmvc didalam folder htdocs kalian dan tambah folder seperti berikut :  Setelah itu kita siapkan database di mysql, buat database dengan nama phpmvc dan tablenya seperti gambar berikut : tambahkan file config.php didalam folder app/config : <?php define('BASEURL', 'http://localhost:8181/phpmvc/public'); define('DB_HOST', 'localhost'); define('DB_USER', 'root'); define('DB_PASS', ''); define('DB_NAME', 'phpmvc'); kemudian tambahkan 3 file controller didalam folder app/controllers, yaitu Home, About, dan Mahasiswa : Home.php <?php class Home extends Controller { public function index() { $data['nama'] = $this->model('User_model')->getUser()...

Cara Sederhana Multi Insert Data Dengan PHP - MySQL

Pada postingan kali ini saya akan share cara melakukan insert lebih dari satu data dengan menggunaka PHP- Jquery dan MySQL. Pertama buat database di MySQL dan table, disini saya membuat database dengan nama db_latihan dan table dengan nama t_barang dengan struktur table seperti berikut : Setelah membuat database dan table selanjutnya membuat project PHP, project PHP nya saya buat dengan nama multi-insert, lalu didalam folder ini saya membuat dua file yaitu index.php dan insert.php . Source code index.php seperti berikut : <! doctype   html > < html   lang = "en" >    < head >      <!-- Required meta tags -->      < meta   charset = "utf-8" >      < meta   name = "viewport"   content = "width=device-width, initial-scale=1" >      <!-- Bootstrap CSS -->      < link ...

IT Asset Management Dengan PHP MySQL

Pada postingan kali saya akan share sebuah aplikasi IT Asset management yang fungsinya untuk memonitoring semua Asset khusus IT, contohnya : Laptop/komputer , Printer, Router, Hardisk, dll. Dalam aplkasi ini kita bisa mengetahui Asset IT posisinya dimana dan digunakan oleh siapa. untuk data-data yang dibutuhkan antara lain : 1. data kategori asset dalam menu ini kita bisa meng-input jenis2 kategory asset : tambah kategori asset : 2. data department 3. data karyawan 4. data department per karyawan 5. data asset location  6. data satuan asset dan untuk transaksi yang ada dalam aplikasi ini adalah,  1. create asset, pada menu create asset ini kita akan mengalokasikan sebuah asset ke karyawan/personnel tampilannya seperti berikut: setelah klik tombol save akan muncul seperti dibawah : untuk melihat detail asset yang sudah dibuat tadi, kita bisa pilih...