Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Dengan Metode Promethee - VB.Net da Mysql

pada postingan kali ini saya akan sharing tentang aplikasi sistem pendukung keputusan, terdapat banyak metode dalam mengembangkan sistem pendukung keputusan antara lain : AHP, SAW, TOPSIS, FUZZY, Promethee dan lain2, pada postingan ini saya hanya membahas SPK dengan metode promethee.

Apa itu sistem pendukung keputusan (SPK) ?

Sistem pendukung keputusan merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan hasil pengolahan data. Sistem yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur dimana tak seorang pun tahu bagaimana keputusan dibuat.

Apa itu metode Promethee?

Metode Promethee (Preference Ranking Organizational Method For Enrichment Evaluation) merupakan salah satu metode pengambilan keputusan Multi Criteria Decision Making (MCDM) atau pengambilan keputusan suatu masalah yang memiliki lebih dari satu kriteria.

Metode promethee adalah salah satu metode penentuan urutan atau prioritas dalam analisa multikriteri. Masalah pokoknya adalah kesederhanaan, kejelasan, dan kesetabilan. Metode promethee menggunakan kriteria dan bobot dari masing-masing kriteria yang kemudian diolah untuk menentukan pemilihan alternatif yang sesuai. Adapun langkah-langkah pengambilan keputusan dengan metode promethee adalah sebagai berikut :

1. Menentukan kriteria
2. Menentukan bobot atau nilai dari masing2 kriteria
3. Menentukan tipe preferensi untuk menentukan tipe perhitungan dalam mengolah alternatif.
4.   Menentukan hasil nilai prefrensi berdasarkan tipe preferensi yang ditentukan
5. Menentukan nilai index preferensi untuk menghitung nilai preferensi dari masing2 kriteria
6. Menentukan promethee ranking yang terdiri dari nilai promethee I dan nilai promethee II. Nilai promethee I menentukan nilai Leaving Flow, Entering Flow. Pada promethee II menentukan nilai Net Flow.

Demikian sedikit gambaran tentang metode promethee, sekarang untuk implementasinya saya menggunakan bahasa pemrograman VB.Net dan database MySQL dan untuk studi kasus yang saya gunakan adalah penerimaan anggota baru resimen mahasiswa (MENWA)
Adapun tampilan aplikasinya seperti berikut :

Tampilan awal



Tampilan data Calon Anggota


Tampilan data kriteria
 


Tampilan penilaian kriteria / Pembobotan Kriteria



Tampilan hasil perhitungan kriteria / perankingan



 Hasil



Sekian sharing kali ini semoga bermanfaat. Termikasih :D

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

IT Asset Management Dengan PHP MySQL

PHP MySql CRUD Dengan Konsep MVC

Cara Sederhana Multi Insert Data Dengan PHP - MySQL